Jumat, 12 September 2014

Kualitas Gizi Coto Makassar



MAKALAH ILMU GIZI

“KUALITAS GIZI COTO MAKASSAR”
 
DISUSUN OLEH:

NAMA: IOTA HELENA ARIFIN HASAN
NIM: J1A113034
KELAS: A

FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT
UNIVERSITAS HALUOLEO
2014




KATA PENGANTAR

          Tiada kata yang lebih indah kecuali jutaan rasa syukur yang memenuhi segenap jiwa yang lemah dan tiada daya. Jika bukan karena rahmat dan karunia Allah SWT, maka makalah ilmu gizi ini tidak akan bisa terselesaikan. Tidak lupa pula salam dan shalawat penulis sampaikan kepada Nabi besar kita Rasulullah Muhammad saw, kepada keluarganya, sahabat-sahabatnya serta pengikutnya.
            Makalah ini dibuat selain untuk melaksanakan kewajiban sebagai mahasiswi kesehatan masyarakat, juga bertujuan untuk mengetahui dan menambah wawasan kita tentang kualitas gizi yang terkandung dalam Coto Makassar.
            Penulis berharap dengan makalah ini, para mahasiswa dan para pembaca dapat mengetahui lebih mendalam tentang kualitas gizi yang terkandung dalam Coto Makassar. Dan penulis juga berharap dengan dibuatnya tugas ini meskipun penuh dengan kekurangan, dapat membuat dosen pengajar memberi nilai yang baik kepada penulis.
            Akhir kata, terima kasih bagi para pembaca yang telah menyempatkan waktunya untuk membaca makalah ini yang masih penuh dengan kekurangan.


Kendari, 1 Juni 2014
Penulis,


IOTA HELENA ARIFIN HASAN
NIM. J1A113034



DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL
KATA PENGANTAR………………………………………………………………………………………………………….ii
DAFTAR ISI…………………………………………………………………………………………………………………….iii
BAB I      PENDAHULUAN………………………………………………………………………………………………..1
1.1             LATAR BELAKANG……………………………………………………………………………..……..1
1.2             RUMUSAN MASALAH……………………………………………………………………………….1
1.3             TUJUAN PENULISAN……………………………………………………………………..…………..1
1.4             MANFAAT PENULISAN………………………………………………………………………………1
BAB II   PEMBAHASAN……………………………………………………………………………………….……………2
            2.1 KUALITAS GIZI COTO MAKASSAR ……………………………………………………………….…2
            2.2 MANFAAT MENGKONSUMSI COTO MAKASSAR……….……………………….…………..4
BAB III   PENUTUP…………………………………………………………………………………………….….…………5
            3.1 KESIMPULAN…………………………………………………………………………………….…….…….5
            3.2 SARAN…………………………………………………………………………………………..………………5
DAFTAR PUSTAKA
BAB I
PENDAHULUAN

1.1            Latar Belakang
Manusia pasti butuh makanan untuk keberlangsungan hidupnya. Begitu juga masyarakat Indonesia. Indonesia terdiri dari beribu pulau dan setiap pulau tersebut pasti punya pangan lokal masing-masing.
Sulawesi Selatan tepatnya di kota Makassar memiliki banyak macam makanan, dan yang paling terkenal adalah Coto Makassar. Coto makassar terdiri dari daging sapi dan jeroan. Beda dari soto pada umumnya yang menggunakan santan atau kunyit untuk campuran bumbu kuahnya, coto Makasar menggunakan kacang tanah sebagai bumbu dasar kuah. Kacang tanah yang digunakan adalah kacang tanah yang telah digoreng terlebih dahulu kemudian dihaluskan dengan cara diblender. Inilah yang membuat cita rasa Coto Makassar itu sangat khas.
Namun, setiap makanan yang masuk ke tubuh, harus kita ketahui kandungan gizi yang terdapat didalamnya agar tidak mengganggu kesehatan kita.

1.2            Rumusan Masalah
1.      Apa saja kualitas gizi yang terkandung dalam Coto Makassar?
2.      Apa manfaat bila kita mengkonsumsi Coto Makassar?

1.3     Tujuan Penulisan
                 Makalah ini bertujuan agar pembaca dapat:
1.     Mengetahui kualitas gizi coto Makassar
2.     Mengetahui manfaat mengkonsumsi Coto Makassar

1.4     Manfaat Penulisan
         Adapun manfaat dari makalah ini adalah sebagai berikut :
1.      Memberikan pengetahuan tentang kualitas gizi Coto Makassar
2.      Memberikan pengetahuan tentang manfaat mengkonsumsi Coto Makassar
BAB II
PEMBAHASAN

2.1 Kualitas gizi yang terkandung dalam Coto Makassar
Secara umum coto makassar banyak mengandung zat gizi, diantaranya karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral. Vitamin utama yang ada dalam coto makassar yaitu vitamin B khususnya vitamin B1 B12 , asam folat. Selain itu juga mengandung vitamin A terutama pada hati. Sedangkan mineral yang terdapat dalamcoto makassar diantaranya zat besi, potasium, magnesium, fosfor, zinc dan lain sebagainya.
Coto makassar terdiri dari daging sapi dan jeroan yang biasa dikonsumsi berupa: usus, hati, babat, lidah, jantung, dan lain-lain. Jeroan memang dianggap sebagai sumber kolesterol tinggi. Namun, jeroan juga sebenarnya mengandung nilai gizi dan manfaat bagi tubuh, yaitu sebagai berikut:
·        Hati
Nutrisi: Protein 33,4 gram, lemak 14,4 gram, kalori 264 (sapi); protein 45,1 gram, lemak 19,3 gram, kalori 355 (kambing); protein 33,1 gram, lemak 13,3 gram, kalori 253 (ayam)

Manfaat: Hati merupakan sumber energi dan zat besi yang baik. Kandungan zat besinya bahkan lebih tinggi ketimbang bayam. Hati juga penting untuk pertumbuhan otak, kekuatan tulang, dan imunitas tubuh.

·        Ginjal
Nutrisi: Protein 36,7 gram, lemak 6,6 gram, kalori 207 (sapi); protein 35,3 gram, lemak 15,4 gram, kalori 339 (kambing)

Manfaat: Ginjal sangat baik sebagai sumber protein. Nutrisinya setara dengan enam butir telur dan lima ikat bayam. Ia juga mengandung antioksidan yang baik untuk tubuh.

·        Lidah
Nutrisi: Protein 27,3 gram, lemak 36 gram, kalori 433.

Manfaat: Lidah mengandung tiga kali lebih banyak zat besi, tujuh kali lebih banyak vitamin B12, dan enak kali lebih banyak vitamin C.

·        Jantung
Nutrisi: Protein 37,9 gram, lemak 20,8 gram, kalori 339.

Manfaat: Jantung ternyata baik untuk menurunkan berat badan. Ia mengandung lebih banyak protein dari ginjal, juga vitamin B yang lebih lengkap. Menyantap seporsi jantung, dapat memenuhi kebutuhan harian pria akan zat besi.

·        Babat
Nutrisi: Protein 10,6 gram, lemak 0,75 gram, kalori 49.

Manfaat: Sumber kekuatan tulang bisa didapat dari babat. Babat juga baik dikonsumsi mereka yang diet, karena kalorinya sangat rendah. Kandungan kalsium dalam babat cukup mengejutkan, 52 miligram per 100 gram.

Beda dari soto pada umumnya yang menggunakan santan atau kunyit untuk campuran bumbu kuahnya, coto Makasar menggunakan kacang tanah sebagai bumbu dasar kuah. Kacang tanah yang digunakan adalah kacang tanah yang telah digoreng terlebih dahulu kemudian dihaluskan dengan cara diblender. Kacang tanah kaya dengan lemak, mengandungi protein yang tinggi, zat besi, vitamin E dan kalsium, vitamin B kompleks dan Fosforus, vitamin A dan K, lesitin, kolin dan kalsium. Kandungan protein dalam kacang tanah adalah jauh lebih tinggi dari daging, telur dan kacang soya. Kandungan serat yang tinggi pada kacang tanah sangat baik untuk kelancaran fungsi usus. Kacang tanah bisa membantu menurunkan risiko kanker usus besar dan melawan pembentukan batu empedu. Kacang tanah dikenal sebagai lemak baik yang menurunkan risiko penyakit jantung dengan cara menurunkan kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh, karena kandungan resveratrol. Kacang tanah juga mengandung folat niasin, mangan, protein, serta vitamin E yang melimpah, maka kacang tanah sangat bermanfaat untuk kelancaran fungsi tubuh. Selain itu, Kacang tanah banyak sekali mengandung kalsium dan vitamin D, yang bisa membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi, dan dalam jangka panjang mencegah serangan osteoporosis.
Dari banyaknya kandungan gizi dari kacang tanah tersebut, tentu saja membuat coto Makassar yang kuahnya menggunakan kacang tanah sebagai bumbu dasarnyajuga mengandung kualitas gizi yang sangat baik bagi tubuh.


2.2 Manfaat mengkonsumsi Coto Makassar
Meskipun banyak mengandung kolesterol, namun coto makassar juga mempunyai manfaat bagi kesehatan diantaranya :
·        Mencegah dan Mengatasi Anemia.  Anemia atau lebih dikenal dengan sebutan penyakit kurang darah, merupakan penyakit yang diakibatkan kekurangan asam folat dan zat besi. Asam folat merupakan bahan essensial untuk sintesis DNA dan RNA yang penting untuk metabolisme inti sel termasuk sel darah merah. Bila terjadi gangguan dalam pembentukan sel darah merah, maka kadar hemoglobin (Hb) dalam darah menjadi tidak normal. Kondisi ini membuat fungsi Hb sebagai pembawa oksigen ke seluruh tubuh terganggu. Akibatnya tubuh terasa lemah, letih, lesu, dan muka pucat. Maka dari itu Coto Makassar yang mengandung asam folat dapat mencegah dan mengatasi anemia.

·        Menyehatkan Otak. Bahan coto makassar terutama hati, jantung, dan ginjal banyak mengandung vitamin B yang berguna bagi kesehatan otak. Semua jenis vitamin B merupakan zat gizi yang penting bagi kesiapan kerja sistem sel-sel syaraf manusia. Kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan gangguan pada selaput syaraf, hilangnya sejumlah memori serta bila berlanjut dapat menyebabkan terjadinya dimentia (kepikunan) bahkan gangguan mental yang lebih parah.

·        Baik Bagi Ibu Hamil. Ibu hamil termasuk ke dalam kelompok rawan gizi. Kekurangan gizi yang terjadi selama masa kehamilan dapat berdampak cukup besar terhadap proses pertumbuhan dan perkembangan janin. Asam folat dan zat besi merupakan zat gizi yang berperan. karena biasanya ibu hamil cenderung mengalami defisiensi kedua jenis zat gizi tersebut. Asam folat sangat dibutuhkan untuk perkembangan sistem saraf dan mencegah terjadinya kecacatan pada bayi seperti kecacatan pada otak dan sumsum tulang belakang. Kebutuhan asam folat akan meningkat sebanyak 150 pg per hari di masa kehamilan. Maka dari itu Coto Makassar yang mengandung asam folat sangat baik bagi ibu hamil.

·        Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh. Zinc dan vitamin A pada sebagian bahan coto makassar sangat baik untuk memelihara kesehatan jaringan epitel termasuk endotelium pada pembuluh darah. Kedua zat gizi tersebut membantu mencegah kerusakan pembuluh darah dan dikatakan oleh beberapa ahli bahwa vitamin A dan zinc secara signifikan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.



BAB III
PENUTUP

3.1            Kesimpulan

Dari pembahasan didalam makalah ini, bisa disimpulkan bahwa:
1.      Coto Makassar banyak mengandung zat gizi, diantaranya karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral.
2.      Daging jeroan dalam Coto Makassar dapat menyebabkan  kolesterol, tetapi Coto Makassar mempunyai manfaat bagi kesehatan yaitu mengatasi anemia, menyehatkan otak, baik bagi ibu hamil, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.


3.2            Saran
Saran saya kepada para pembaca yaitu bagi anak-anak, remaja dan orang yang menderita anemia, sebaiknya mengkonsumsi Coto Makassar karena kualitas gizinya bagus dan bisa mengatasi anemia, tetapi harus diingat bahwa yang berlebihan itu tidak baik, maka dari itu jangan makan Coto Makassar berlebihan, apalagi bagi yang sudah lanjut usia, karena daging jeroan yang ada di dalam Coto Makassar dapat meningkatkan kadar asam urat dalam darah.
Selain itu, saya menyarankan bagi para pembaca agar mengkonsumsi makan makanan yang bergizi dan jangan lupa olahraga, mulailah hidup sehat dari sekarang.



DAFTAR PUSTAKA



1 komentar: